Cara Mudah dan Efektif Manajemen Waktu - Stop Menunda Waktu dan Mulai Memanajemenan Waktu,
Waktu atau
masa menurut
Kamus Besar Bahasa Indonesia (1997) adalah seluruh rangkaian saat ketika proses, perbuatan, atau keadaan berada atau berlangsung. Dalam hal ini, skala waktu merupakan interval antara dua buah keadaan/kejadian, atau bisa merupakan lama berlangsungnya suatu kejadian.
Salah satu kebiasaan buruk manusia khususnya di Indonesia mereka suka menunda-nunda waktu. Tak jarang sesuatu yang di tunda itu terlupakan dan akhirnya membuat kita menyesali perbuatan menunda waktu tersebut. Untuk menghindari sifat menunda waktu kita harus bisa memanajemenkan waktu kita dengan baik.
Sering dengar seseorang beralasan “saya tidak punya waktu”? sebenarnya mereka punya waktu, tapi mereka mungkin tidak bisa memanajemenkan waktu mereka atau mereka hanya malas melalukan sesuatu tersebut akhirnya merekapun mengeluarkan kata-kata itu.
Sebegitu besarkah efek dari
manajemen waktu? Ya, bahkan Tuhan sendiri berpesan bahwa merugilah kita yang menyia-nyiakan waktu. Setiap detiknya itu sudah menjadi masa lalu, dan kita tidak bisa memutar satu detik itu.
Mulailah mengubah kebiasaan buruk anda dengan memulai menghabiskan waktu dengan baik dan tentunya bermanfaat. Motivasikan diri anda agar menggunakan waktu demi kebaikan anda sendiri.
Berikut akan saya bagikan tips-tips memanajemenkan waktu dengan baik :
1.Buat daftar kegiatan atau biasa di sebut to do list
To do list yang baik harus mencakup kegiatan beserta kapan waktu mengerjakannya dan berapa banyak waktu yang anda butuhkan untuk menyelesaikan kegiatan tersebut. Kalian bisa membuatnya di buku catatan, sticky memo ataupun aplikasi note di android anda.
Dengan Menulis semuanya, kalian akan mendapatkannya dari pikiran dan kertas. Ini akan memastikan kalian tidak melupakan apapun, dan mudah-mudahan ini juga akan membantu pikiran Anda merasa kurang dijejali.
2.Membagi kegiatan menjadi kegiatan-kegiatan kecil
Membagi kegiatan menjadi kegiatan-kegiatan kecil akan membuat pekerjaan kita jadi lebih ringan misalnya membagikan suatu kegiatan yang akan di lakukan kepada teman ataupun keluarga di rumah yang bisa di andalkan misalnya kegiatan membersihkan rumah.
3.Usahakan rapikan barang-barang agar dapat menghemat waktu
Jika barang-barang kalian berantakan itu akan memakan waktu untuk merapikannya bukan? Jika ingin menghemat waktumu maka usahakan kalian merapikan barang-barang setelah memakai barang itu. Buatlah wadah khusus untuk kertas,kunci-kuncian dan barang-barang lain agar jika kita ingin mencarinya kita tidak memakan waktu yang lama. Mencari barang-barang dengan kondisi yang berantakan dapat memakan banyak waktumu.
4.Rencanakan sesuatu yang lebih sulit di awal setiap minggu
Merencanakan sesuatu yang lebih sulit di awal setiap minggu sehingga anda akan lebih santai menjelang akhir minggu dan sebelum akhir pekan. Tugas yang sulit lebih baik dijadwalkan di awal minggu (Senin atau Selasa), sementara tugas-tugas yang lebih mekanis atau rutin di sekitar pertengahan minggu, dan mendekati akhir minggu (Kamis dan Jumat) waktu anda bisa sedikit lebih bebas dan santai karena di kedua hari ini telah menumpuk kelelahan dan stres sebagai akibat dari pekerjaan di hari-hari sebelumnya.
5.Menentukan prioritas utama suatu kegiatan-kegiatan yang akan di lakukan
Kalian harus memulai setiap hari dengan sesi yang memprioritaskan kegiatan untuk hari itu dan menetapkan tolok ukur kinerja Kalian. Jika Kalian memiliki 20 Kegiatan untuk hari tertentu, berapa banyak dari mereka yang benar-benar harus Kalian capai? Untuk informasi lebih lanjut tentang perencanaan harian dan memprioritaskan tugas sehari-hari, lihat Memulai Hari dengan Perencanaan Harian.
6.Biasakan menetapkan batasan waktu untuk kegiatan kalian
Misalnya jika kalian membaca atau membalas suatu chat dari seseorang bisa menghabiskan seluruh waktu Kalian jika Kalian membiarkannya. Maka dari itu biasakan tetapkan batas waktu misalnya satu sampai dua jam sehari untuk kegiatan ini.
7.Menghilangkan pemborosan waktu pribadi
Ingat, fokus
manajemen waktu sebenarnya mengubah perilaku Anda, bukan mengubah waktu. Tempat yang baik untuk memulai adalah dengan menghilangkan pemboros waktu pribadi Anda. Untuk satu minggu, misalnya, tetapkan tujuan agar Anda tidak akan menerima panggilan telepon pribadi atau merespons pesan teks terkait non-kerja saat Anda bekerja.
Sebenarnya yang perlu kita Sadari bahwa
manajemen waktu adalah mitos. Tidak masalah seberapa terorganisirnya kita, selalu ada 24 jam dalam sehari. Waktu tidak berubah. Semua yang bisa kita kelola sebenarnya adalah diri kita dan apa yang kita lakukan dengan waktu yang kita miliki.